Tips Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Lemot

Tips Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Lemot – Apakah saat ini laptop Anda sedang lemot? Bagaimana rasanya? Pasti membuat Anda emosi dan greget bukan? Penyebabnya mungkin karena Anda kurang memperhatikan keadaan laptop sehingga membuatnya jadi lemot. Sama seperti barang lainnya, laptop yang Anda gunakan saat ini juga harus dirawat agar senantiasa tetap awet, punya performa optimal, dan tidak lemot saat digunakan. Terlebih lagi laptop Anda punya peran yang sangat penting untuk kelancaran aktivitas harian semisal untuk bekerja di kantor, bisnis, atau kegiatan perkuliahan.

Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Lemot

Untuk cara merawat laptop agar awet dan tidak lemot sebenarnya sangat simpel, Anda hanya perlu memperhatikan detail-detail sederhana seperti selalu membersihkan file-file sampah, memperhatikan arus listrik dan lain sebagainya. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara merawat laptop supaya awet dan tidak lemot, Anda bisa membaca lebih lengkapnya pada uraian di bawah ini.

1. Bersihkan Jeroan Secara Rutin

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan supaya laptop tetap awet adalah dengan selalu menjaga kebersihan jeroan laptop. Seperti yang Anda tahu, dalam jangka waktu yang lama, debu pada jeroan laptop akan selalu bertambah banyak apabila tidak rutin dibersihkan. Debu-debu tersebut biasanya masuk melalui rongga-rongga udara yang ada di setiap sisi laptop. Dengan menumpuknya debu tersebut, maka akan membuat udara tidak akan mengalir sempurna dan pada akhirnya mengakibatkan jeroan laptop punya panas berlebih sehingga merusak hardware laptop Anda. Bagian yang harus dijaga kebersihannya adalah power supply, RAM, prosesor, heatsink, dan cool fan.

2. Menggunakan Laptop Ketika Sedang di Charge

Hal yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah selalu menggunakan laptop ketika sedang di charge, bisa digunakan untuk bekerja, menonton film, browsing, bahkan bermain game. Tindakan seperti itu lambat laun membuat laptop tidak awet dan lebih cepat rusak. Kalau Anda ragu laptop bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, maka lebih baik lepas saja baterainya dan colokkan laptop langsung ke terminal listrik sehingga laptop akan mendapat tenaga listrik langsungĀ  dari terminal seperti halnya PC.

3. Gunakan UPS atau Stabilizer

Hal ini masih berkaitan dengan poin nomor 2. Saat Anda memutuskan melepas baterai laptop dan langsung mencolokkan laptop dengan terminal listrik, maka lebih baik Anda menggunakan UPS atau Stabilizer sebagai perantaranya. Hal ini akan meminimalisir ketika tegangan listrik tiba-tiba turun atau listrik tiba-tiba padam. Tegangan listrik yang tidak stabil tentu akan membuat hardware laptop tidak awet dan cepat rusak.

4. Hapus Aplikasi atau Software yang Tidak Terpakai

Jangan penuhi laptop Anda dengan aplikasi yang tidak jelas kegunaannya, terlebih lagi aplikasi tersebut punya ukuran yang sangat besar. Daripada aplikasi tersebut hanya memenuhi hardisk dan sistem C, maka sebaiknya hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan supaya tidak memberatkan sistem dan membuat laptop tidak lemot.

5. Selalu Membersihkan File Sampah

Cara ini berguna apabila laptop Anda lemot dan sering hang. Salah satu penyebabnya mungkin karena banyaknya file sampah yang menumpuk di registry sistem laptop Anda. Banyaknya file sampah atau biasa disebut junk file pada laptop tentunya akan menghambat kinerja laptop dalam mengolah sistem sehingga membuat laptop menjadi lemot.

Lihat Juga: Cara Merawat Baterai Smartphone Dan Laptop Non-Removable

6. Update dan Scan Antivirus Secara Rutin

Selain harus rajin membersihkan file sampah, Anda juga tentunya harus senantiasa men-scan laptop Anda menggunakan antivirus untuk mencegah virus atau malware berbahaya masuk ke laptop Anda. Banyaknya virus dan malware pada laptop juga tentunya akan membuat performa laptop jadi menurun dan lemot ketika digunakan. Selain harus scan laptop secara rutin, Anda juga tentunya harus melakukan update secara rutin untuk antivirus yang digunakan.

7. Matikan Laptop Dengan Cara yang Benar

Tidak sedikit orang yang mematikan laptop dengan cara yang buruk, misalnya langsung memencet tombol daya dan tidak melakukan shut down seperti biasanya. Hal tersebut tentu saja akan membuat laptop tidak awet dan lebih mudah rusak, terutama hardisk yang akan rentan sekali terkena dampaknya bila hal tersebut selalu dilakukan. Kalau hardisk sudah rusak, maka tentunya membuat laptop jadi lemot ketika digunakan.

Demikianlah tips cara merawat laptop agar awet dan tidak lemot. Dengan selalu memperhatikan detail dan menjaga kebersihan dan perilaku Anda ketika menggunakan laptop, maka pastinya membuat umur laptop jadi lebih tahan lama. Segera praktekkan hal-hal diatas apabila saat ini laptop Anda mulai terasa lemot dan selamat mencoba.

Tips Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Lemot | ikbal fauzi | 4.5