Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu – Masih berbicara mengenai bisnis online, pada kesempatan kali ini Tekno Prise bakal membahas tips aman belanja online. Bagi Anda penggemar belanja online, tips ini sangat penting dan harus Anda perhatikan baik-baik. Belanja melalui online memang punya resiko yang besar dibandingkan kita berbelanja secara langsung melalui toko asli. Perbedaan jarak, tidak bertemu langsung dengan penjual, tidak mengetahui bentuk asli barang serta berbagai hambatan lainnya membuat belanja online menjadi sangat beresiko.

Tips Aman Belanja Online

Namun tenang saja, jika Anda memang gemar berbelanja online bisa mengikuti tips berikut ini. Tips ini memang sangat berguna agar Anda tidak terkena atau paling tidak meminimalisir kejadian yang tidak menyenangkan yang akhir-akhir ini marak menimpa pembeli barang online. Nah, langsung saja simak tips aman belanja online yang telah TeknoPrise himpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: Cara Memulai Berjualan Online di Media Sosial Agar Sukses

  • Lakukan Riset

Sebelum Anda memutuskan membeli barang secara online, pastikan dulu toko atau penjual barang tersebut merupakan orang yang bisa dipercaya. Caranya, anda bisa menggunakan bantuan alat pencari Google untuk melacak rekam jejak penjual tersebut. Selain itu Anda bisa langsung menghubungi nomor telfon yang tertera pada barang tersebut, tanyakan dengan detail mengenai barang tersebut. Jika tidak meyakinkan, sebaiknya hindari membeli barang di website atau toko online tersebut.

  • Baca Baik-Baik Kebijakan Situs

Kebijakan disini adalah menyangkut data diri Anda sebagai pembeli. Hindari kebijakan yang menyebutkan bahwa penjual boleh memberikan data Anda kepada pihak lain. Hal ini ditakutkan akan digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang akan merugikan Anda. Selain itu, kebijakan mengenai pengembalian barang juga penting untuk diketahui. Baca baik-baik apakah pada toko tersebut disebutkan bahwa Anda boleh mengembalikan barang apabila ditemukan ketidaksesuaian jenis, bentuk atau bahkan cacat pada saat barang diterima.

  • Baca Deskripsi Barang Baik-Baik

Karena ini merupakan jual beli online yang membuat Anda tidak bisa melihat bentuk asli barang, maka Anda diharuskan mengetahui deskripsi barang baik-baik sebelum memutuskan membelinya. Terlebih lagi jika toko tempat Anda membeli tidak mempunyai kebijakan menukar barang setelah barang diterima, hal tersebut tentunya akan merugikan Anda.

  • Hindari Barang Murah

Sudah menjadi sifat dasar pembeli bahwa ingin membeli barang dengan harga yang paling murah. Hal tersebut tidaklah salah, tapi alangkah baiknya Anda lebih berhati-hati apabila ada toko online yang memberikan harga yang jauh berada dibawah harga pasaran. Bisa jadi barang tersebut bersifat fiktif, merupakan barang curian, atau barang yang mempunyai cacat fisik.

  • Cari Tanda Bahwa Website Tersebut Aman 

Tanda tersebut biasanya berupa gambar gembok di status bar pada browser. Sebelum mulai memasukkan informasi Anda, periksa dulu apakah tanda itu ada. Ketika Anda diminta memasukkan informasi pendaftaran mengenai nomor pada kartu kredit, lihat dulu alamat situs web tersebut. Jika memang website tersebut terpercaya, maka seharusnya alamat website akan berubah dari ‘http’ ke ‘shttp’ atau ‘https’. Itu menandakan informasi pembayaran tersebut telah dienkripsi, jadi lebih aman.

Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu | ikbal fauzi | 4.5