4 Masalah Smartphone Asus Zenfone dan Cara Mengatasinya

4 Masalah Smartphone Asus Zenfone dan Cara Mengatasinya – Saat ini memang banyak sekali smartphone android yang ada di pasaran dengan berbagai merek, dari mulai Asus, Lenovo, Xiaomi, Sony, Acer, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak smartphone Android yang ada, brand Asus jadi salah satu yang paling populer karena banyak dipakai oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut memang tidak mengherankan mengingat smartphone merek Asus sering menawarkan spesifikasi yang terbaik dikelasnya.

Masalah Smartphone Asus Zenfone dan Cara Mengatasinya

Dari sederet ponsel Asus yang ada, Asus Zenfone merupakan seri yang paling laris dan dipakai oleh banyak orang. Namun, spesifikasi bagus yang dimiliki bukanlah jaminan ponsel Asus aman dari berbagai masalah. Untuk itu, kali ini Teknoprise akan membahas mengenai masalah smartphone Asus dan cara mengatasinya.

1. Cepat Panas

Bukan jadi suatu rahasia lagi bahwa Asus Zenfone seri pertama selalu mengalami masalah yang satu ini. Penyebabnya ternyata ada pada chipsetnya yang menggunakan produk dari Intel. Pemicu dari hal ini adalah banyaknya program atau aplikasi yang berjalan secara bersamaan yang menyebabkan kapasitas RAM semakin sedikit sehingga menyebabkan ponsel harus bekerja ekstra keras dalam menyesuaikan sistem yang ada. Untuk mengatasinya Anda bisa meng-close aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai lewat perintah Force Stop. Atau bisa juga Anda men-tap fitur Boost Memory pada layar Asus Zenfone.

Lihat Juga: 4 masalah HP Oppo dan Cara Mengatasinya

2. Baterai Boros

Masalah yang kerap muncul pada Asus Zenfone selanjutnya adalah baterainya yang boros. Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Lalu bagaimana cara mengatasi ponsel Asus Zenfone yang boros? Anda bisa masuk ke menu Setting > Power Management > lalu aktifkan Ultra Saving Mode.

3. Ponsel Asus Restart Saat Menerima Telfon

Apakah ponsel Asus Zenfone Anda tiba-tiba restart saat menerima telfon? Kalau iya, Anda bisa melakukan Wipe Cache. Caranya adalah Matikan ponsel kemudian tekan dan tahan tombol “Power + Volume Up”. Kemudian langsung lepaskan tombol Power setelah ponsel bergetar, tapi jangan sampai melepaskan tombol Volume. Nantinya Anda akan melihat tulisan “Normal mode”, lalu pilih “Recovery Mode” menggunakan tombol Volume dan Power untuk memilih. Setelah itu akan muncul logo Android dengan error message. Silahkan Anda tekan dan tahan tombol “Power + Volume Up”, dan tunggu sampai masuk Recovery Mode.

4. Ponsel Asus Mendadak Mati Meski Baterai Belum Habis

Masalah ini juga menjadi salah satu masalah yang kerap muncul dikalangan pengguna smartphone Asus, dimana ponsel tiba-tiba mati meskipun baterai masih menunjukkan tenaga yang banyak. Hal tersebut dikarenakan adanya kesalahan sistem dalam membaca tenaga dari baterai. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan tindakan kalibrasi baterai. Caranya Anda bisa menginstal aplikasi CurrentWidget: Battery Monitor

Nah, itu dia 4 masalah smartphone Asus Zenfone dan cara mengatasinya. Masalah-masalah tersebut kerap muncul pada Asus Zenfone terutama yang masih menggunakan prosesor Intel. Untuk mengatasinya juga cukup sederhana, hanya dibutuhkan sedikit waktu luang dan ponsel Asus Zenfone Anda pun sudah kembali normal seperti semula. Selamat mencoba!

 

 

4 Masalah Smartphone Asus Zenfone dan Cara Mengatasinya | ikbal fauzi | 4.5