Flashdisk Tidak Terbaca Komputer? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Oleh Komputer – Apakah sobat saat ini sedang mengalami sesuatu hal yang cukup mengganggu, seperti rusaknya flashdisk yang didalamnya terdapat file-file penting? Tiba-tiba flashdisk yang tadinya bisa digunakan secara normal, kini flashdisk tersebut sama sekali tidak bisa terbaca oleh komputer? Memang sobat hal tersebut sudah banyak sekali terjadi dan sering ditemukan disekitar kita. Lantas, adakah cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan (flashdisk error) tersebut? Jawabannya, tentu ada! Untuk mengatasinya, berikut kami hadirkan tips cara mudah mengatasi flashdisk tidak terbaca oleh komputer. Semoga membantu!

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Oleh Komputer

Cek Juga : 

Cara Jitu Memperkuat Sinyal Modem Yang Lemah

1. Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terdeteksi / Terbaca Komputer

  1. Langkah pertama, silakan sobat colokan flashdisk yang dianggap rusak ke port USB yang ada di komputer.
  2. Apabila belum terbaca juga, coba lagi copot flashdisk tadi kemudian colokan lagi dengan cara menggoyang-goyang flashdisk tersebut.
  3. Setelah terpasang, geser ke arah kiri dan kanan flashdisk tersebut.
  4. Bisa juga dengan melakukan scanning menggunakan anti-virus. Semoga sekarang sudah bisa terbaca!

2. Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Menggunakan Fasilitas cmd

Apabila cara kesatu tadi belum membuahkan hasil, flashdisk tetap belum bisa terbaca sama sekali oleh komputer. Sobat bisa mencoba cara kedua ini, semoga dengan cara ini bisa berhasil. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, colokan lagi flashdisk ke port USB yang terdapat di komputer. Pastikan port tersebut tidak rusak!
  2. Setelah flashdisk terpasang, lanjutkan dengan menjalankan Command Prompt pada komputer. Caranya klik Start —> Run —> ketikan cmd di form yang disediakan lalu OK.
  3. Langkah berikutnya, buka partisi flashdisk sobat. Misalnya di (E:), silakan ketikan E: di Command Prompt yang tadi sudah dijalankan.
  4. Selanjutnya, ketikan juga chkdsk/e di Command Prompt tadi. Setelah itu akan ada opsi Y/N, ketikan Y untuk opsi Yes.
  5. Apabila sudah dilakukan langkah-langkah tersebut, sekarang hidupkan ulang (restart) komputer untuk penyelesaian proses recovery flashdisk yang tidak terbaca.
  6. Finish!

Semoga dengan mengikuti langkah-langkah dalam metode kedua ini, sobat sudah berhasil memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi oleh komputer. Jika masih belum berhasil juga, coba sekarang ikuti cara ketiga dibawah ini.

3. Tips Memperbaiki Flashdisk Rusak / Tidak Terdeteksi Komputer Dengan Windows

  1. Pertama, seperti biasa colokan flashdisk ke komputer.
  2. Langkah kedua setelah flashdisk dipasangkan, silakan sobat langsung ke menu Start dan buka Control Panel.
  3. Selanjutnya, silakan ubah tampilan ke mode klasik (Switch to Classic Mode) untuk opsional.
  4. Kemudian, silakan klik pilihan Add a Device (Hardware). Lanjutkan dengan mengklik pilihan Next.
  5. Nanti akan muncul opsional Yes, I Have Already Connected the Device dan No, I Have No Added the Device Yet. Silakan pilih opsi Yes, I Have Already Connected the  Hardware untuk proses selanjutnya.
  6. Setelah itu, secara otomatis komputer akan memproses ketersediaan Device baru (flashdisk) yang sudah dicolokan tadi, tapi belum terbaca oleh komputer.
  7. Jika komputer berhasil membaca / mendeteksi flashdisk tadi, maka akan muncul Autorun. Hal tersebut menandakan bahwa flashdisk sudah bisa terbaca oleh komputer.
  8. Finish!

Semoga dengan 3 pilihan metode yang disajikan diatas tadi, yakni tentang cara mengatasi flashdisk tidak terbaca oleh komputer bisa berhasil. Sehingga sekarang, flashdisk sobat yang tadinya dianggap rusak, kini sudah bisa dimanfaatkan lagi secara normal.

Flashdisk Tidak Terbaca Komputer? Ini Cara Mudah Mengatasinya | Adam | 4.5