Cara Mudah Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Laptop/Komputer

Cara Mudah Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Laptop/Komputer – Keberadaan memory card atau microSD pada sebuah benda elektronik, terutama smartphone atau kamera digital, memang cukup vital. Kapasitasnya sebagai tambahan ruang penyimpanan data pada sebuah gadget sangat erat kaitannya dengan keleluasaan seseorang dalam menyimpan beragam file seperti foto, lagu, maupun aplikasi. Dengan semakin besarnya kapasitas memory card, tentunya koleksi file yang bisa ditampung bisa lebih banyak. Bukan begitu?

Memory Card Tidak Terbaca di Laptop

Tapi, apa jadinya kalau beragam koleksi file berharga Anda yang tersimpan di memory card tidak bisa dibuka karena memory card tidak bisa terbaca di laptop atau komputer? Kalau Anda sedang mengalami hal tersebut dimana memory card rusak dan tidak terbaca di komputer, maka Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, pada kesempatan kali ini Teknoprise akan menyuguhkan kepada Anda mengenai cara mudah mengatasi memory card tidak terbaca di laptop/komputer. Ini dia caranya.

1. Scan Dengan Antivirus

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah men-scan memory card atau microSD dengan antivirus. Ya, keberadaan virus didalam sebuah memory card tentu bisa menyebabkan beragam data di dalammnya tidak terbaca atau tidak terbuka karena virus tadi mem-block akses masuk ke memory card tersebut. Hal ini bisa terjadi kalau Anda seringkali bergonta-ganti perangkat dalam menghubungkan memory card tersebut, bisa bergonta-ganti smartphone atau juga komputer. Tanpa Anda sadari, perangkat-perangkat tersebut bisa jadi terinfeksi virus dan membawanya ke memory card Anda.

2. Bersihkan Lempengan Logam

Coba sejenak perhatikan memory card atau microSD milik Anda, disana Anda akan melihat daerah garis-garis berwarna kuning bukan? Teliti dengan seksama, apakah permukaan lempengan logam berwarna kuning tersebut kotor atau tidak. Permukaan lempengan logam yang kotor bisa berdampak pada tidak terbacanya data di memory card, karena daerah tersebut merupakan media transfer datanya. Yang harus Anda lakukan adalah ambil penghapus, gosok dan bersihkan daerah yang kotor tersebut secara perlahan.

Lihat Juga: Flashdisk Tidak Terbaca Komputer? Ini Cara Mudah Mengatasinya

3. Gunakan Fitur Error-Checking

Kalau saat Anda hubungkan memory card ke laptop/komputer namun data yang ada didalamnya tidak terbaca atau kosong, maka kemungkinan ada kesalahan sistem pada memory card Anda. Coba langkah berikut, pada nama memory card Anda yang tertera di komputer, klik kanan pada mouse. Selanjutnya, pada menu Tools > Error Checking > Check Now. Selanjutnya klik Start, jangan lupa juga beri tanda ceklis di kedua pilihan yaitu “Automatically Fix File System Errors” dan “Scan For and Attempt Recovary of Bad Sectors”.

Memory Card Tidak Terbaca di Laptop

4. Kemungkinan Perangkat Anda Rusak

Perangkat yang dimaksud adalah media untuk menghubungkan memory card ke laptop/komputer, bisa card reader, kabel USB atau bahkan port USB pada laptop/komputer. Periksalah kesemua bagian tersebut dan bandingkan dengan  mencoba menghubungkan memory card tadi ke laptop/komputer lain. Kalau berjalan seperti biasa, maka perangkat Anda mengalami kerusakan.

Tapi, kalau semua cara sudah dilakukan tapi memory card atau SD card tidak terbaca, maka kemungkinan memory card atau SD Card Anda sudah rusak. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena usia memory card yang tua, kualitas memory card yang kurang bagus, dan akibat terpapar panas yang berlebihan saat digunakan pada smartphone atau gadget lainnya.

Itulah dia cara mengatasi memory card tidak terbaca di laptop/komputer. Dengan cara yang sederhana dan praktis tersebut Anda bisa menangani sendiri apabila memory card atau SD Card milik Anda sedang rusak dan tentunya tidak perlu repot-repot langsung membeli memory card baru apabila memory card milik Anda tersebut berhasil di perbaiki. Semoga tips sederhana tentang mengatasi/memperbaiki SD card tidak terbaca di komputer ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Mudah Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Laptop/Komputer | ikbal fauzi | 4.5