Cara Merawat Baterai Smartphone Dan Laptop Non-Removable

Cara Merawat Baterai Smartphone Dan Laptop Non-Removable – Perkembangan teknologi yang pesat, membuat trend terutama pada sektor baterai mulai mengalami pergeseran. Jika dulu kita lumrah menemukan smartphone maupun laptop yang memiliki baterai jenis removable alias bisa dilepas, namun sekarang rata-rata pabrikan sudah mengambil jalan lain yaitu dengan mengadopsi baterai tanam atau biasa disebut non removable.

Dengan kehadiran baterai jenis ini tentunya membawa keuntungan dan kelemahannya tersendiri. Untuk keuntungan, adanya baterai tanam ini membuat tampilannya lebih stylish dimana body ponsel maupun laptop punya dimensi yang lebih tipis sehingga semakin menarik. Sementara untuk kelemahan, dengan baterai tersebut membuat kita kesulitan ketika mau membersihkan jeroannya maupun ketika mau mengganti baterai baru.

Cara Merawat Baterai HP & Laptop Tanam

Lihat Juga: Cara Menjaga Baterai Iphone Agar Tidak Bocor, Awet Dan Tahan Lama

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, meskipun saat ini banyak smartphone maupun laptop yang sudah menggunakan baterai non-removable, tapi ternyata ada cara mudah mengenai cara merawat baterai smartphone dan laptop non-removable. Dengan cara ini dijamin baterai yang ada pada perangkat Anda bakal lebih awet. Ini dia tips selengkapnya.

1. Hindari Melakukan Cas Ketika Baterai Sudah Habis

Hal ini sering dilakukan oleh sebagian orang. Rata-rata orang terlalu asyik dengan kegiatan mereka pada smartphone sehingga tidak menyadari bahwa baterai smartphone sudah kehabisan daya. Jika Anda sering melakukan charging ketika ponsel sudah mati alias baterai sudah habis, maka hal tersebut bisa menyebabkan baterai cepat rusak dan memperpendek umur baterai.

2. Hindari Mengisi Baterai Secara Berlebihan

Hal ceroboh selanjutnya yang sering dilakukan pengguna smartphone adalah terlalu lama mengisi baterai smartphone meskipun indikator sudah menunjukkan kapasitas full. Hal tersebut tentunya tidak bagus bagi baterai, dimana akan menyebabkan arus masuk berlebihan yang akan menyebabkan baterai cepat rusak.

3. Hindari Penggunaan Ketika Sedang Melakukan Charging

Kalau Anda merupakan tipe orang yang memiliki kebiasaan selalu menggunakan HP dan laptop ketika sedang di cas, baik itu untuk menelfon, browsing, maupun bermain game, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan, maka daya yang diterima baterai tidak akan optimal sehingga tentunya akan membuat baterai jadi cepat rusak.

4. Hindari Baterai Dengan Kapasitas Kosong

Apabila Anda berencana pergi keluar dengan waktu yang lama dengan meninggalkan smartphone atau laptop dirumah, maka usahakan kapasitas baterai yang ada tidak kosong sama sekali. Kapasitas baterai yang kosong terlalu lama menyebabkan kemampuan baterai dalam menyerap energiĀ  akan menurun, yang pada akhirnya menyebabkan baterai menjadi rusak.

5. Hindari Menggunakan Charger Palsu

Setiap smartphone maupun laptop sudah dibekali dengan masing-masing charger bawaan yang sudah disesuaikan dengan standar perangkat itu sendiri. Jika melakukan pengisian dengan charger palsu, dikhawatirkan ada perbedaan tegangan yang masuk ke smartphone atau laptop sehingga membuat pengisian tidak optimal. Hal ini tentunya membuat umur baterai menjadi pendek dan baterai pun cepat rusak.

 

Cara Merawat Baterai Smartphone Dan Laptop Non-Removable | ikbal fauzi | 4.5