Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai iPhone – Baterai merupakan komponen yang sifatnya sangat penting dalam sebuah perangkat elektronik, khususnya ponsel. Bayangkan saja jika pada ponsel Anda tidak ada baterai, tentunya ponsel tersebut tidak dapat digunakan. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, baterai yang terdapa pada ponsel semakin cepat boros karena digunakan untuk berbagai kegiatan seperti browsing, chatting maupun bermain video game. Semakin besar ukuran aplikasi serta semakin lama menggunakan aplikasi terebut, maka akan berdampak pada borosnya baterai pada ponsel. Nah, bagi Anda pengguna iPhone apakah sering merasa kesal karena baterai ponsel cepat habis? Jika iya, maka tidak ada salahnya Anda menyimak tips menghemat baterai iPhone berikut ini.

Cara Menghemat Baterai iPhone

  • Fitur Airplane Mode

Jika Anda sedang bepergian ke hutan, gunung, atau ke tempat-tempat yang memang sulit mendapatkan sinyal, sebaiknya aktifkan fitur Airplane mode. Bukan suatu rahasia lagi, jika baterai akan lebih boros ketika ponsel Anda berada pada tempat-tempat seperti itu. Cukup masuk ke Setting  > Airplane mode, lalu aktifkan fitur tersebut.

  • Wifi dan Bluetooth

Jika memang Wifi dan Bluetooth sedang tidak dipakai, sebaiknya matikan fitur tersebut. Dengan membiarkan fitur tersebut hidup maka otomatis akan berdampak pada borosnya baterai ponsel Anda. caranya masuk ke Setting > pilih on/off pada Wifi atau Bluetooth.

  • GPS

Membiarkan fitur ini terus hidup juga akan berdampak pada cepat terkurasnya baterai ponsel. Hal ini karena ponsel akan terus memberikan update terkini seiring dengan berpindah-pindahnya posisi Anda. cukup aktifkan fitur ini jika Anda benar-benar membutuhkannya. Untuk mematikan GPS masuk ke Setting > Privacy > Location services.

  • Wallpaper

iPhone memang menyediakan wallpaper berjenis dinamis, dimana wallpaper tersebut terus bergerak sehingga membuat tampilan layar semakin menarik. Namun dengan Anda memilih wallpaper tersebut, maka akan membuat baterai ponsel terkuras habis. Solusinya Anda bisa menggunakan wallpaper statis atau tidak bergerak untuk layar ponsel iPhone Anda. Untuk mengubahnya masuk ke menu Setting > Wallpaper and Brightness > Choose wallpaper > Pilih Wallpaper statis di opsi “still photo wallpapers”.

  • Kecerahan Layar

Kecerahan layar juga menjadi salah satu penyumbang untuk borosnya baterai ponsel. Semakin terang layar, maka otomatis semakin besar daya baterai yang digunakan. Tidak perlu menggunakan kecerahan layar hingga tingkat 80 bahkan 100%. Cukup gunakan kecerahan sebesar 30 sampai 50% saja. Untuk mengaturnya masuk ke menu Setting > Wallpaper and Brightness.

  • Autolock

Fitur ini berfungsi ketika Anda tidak menggunakan ponsel pada jangka waktu tertentu. Misalnya Anda mengatur autolock dengan jangka waktu 5 detik, maka jika selama waktu tersebut Anda tidak menggunakan ponsel maka akan otomatis terkunci dan layar menjadi mati. Untuk mengatur autolock bisa masuk ke menu Setting > General > Autolock.  

  • Tutup Aplikasi

Jika Anda sudah selesai menggunakan suatu aplikasi, maka sebaiknya jangan lupa menutup aplikasi tersebut. Membiarkan aplikasi terus berjalan walaupun tidak digunakan akan berdampak cepat habisnya baterai ponsel Anda. Jika ingin menutup aplikasi tersebut bisa masuk ke App Switcher dengan mengetuk tombol Home sebanyak 2 kali. Lalu pilih aplikasi yang ingin ditutup.

Cara Menghemat Baterai iPhone | ikbal fauzi | 4.5