Cara Ampuh Menghapus Virus Shorcut di Komputer dan Flashdisk

Cara Menghapus Virus Shorcut di Komputer dan Flashdisk – Di era taknologi seperti ini, virus merupakan momok yang bisa dibilang menakutkan bagi pengguna komputer atau laptop. Sifatnya yang bisa merusak sistem dan menghapus berbagai data-data penting jadi alasan kenapa virus komputer jadi hal yang patut diwaspadai. Terutama saat sekarang ini, dimana perkembangan virus komputer semakin luas dan menghasilkan berbagai jenis virus, baik itu yang bersifat sangat merusak maupun yang biasa-biasa saja.

Cara Menghapus Virus Shortcut

Salah satu jenis virus yang kerap dijumpai adalah virus shortcut. Virus ini adalah virus yang mengubah data yang ada pada komputer menjadi bentuk shortcut seperti yang ada pada desktop komputer, dengan ciri terdapat gambar panah pada iconnya. Sebenarnya virus ini tidak terlalu berbahaya, tapi tetap saja dianggap sangat mengganggu dan bukan tidak mungkin file penting anda pun akan raib karena virus ini.

Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang berhadapan dengan virus ini tidak ada salahnya menggunakan cara yang akan kami bahas berikut. Cara ini merupakan cara yang praktis, bahkan tidak perlu menggunakan software antivirus untuk melenyapkannya. Hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana dan komputer atau flashdisk Anda pun terbebas dari virus.

  • Masuk ke command prompt atau CMD. Caranya Anda bisa masuk lewat Start > Run > Lalu ketik CMD > Enter. Atau bisa juga dengan cara tekan Windows + R. Nantinya akan muncul tampilan seperti ini.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Cari terlebih dahulu, dimana letak virus yang menyerang komputer Anda. Apakah di partisi C, D, E, F atau yang lainnya. Jika flashdisk yang terkena virus, silahkan lihat apa nama partisi untuk flashdisk tersebut.
  • Ketik nama partisinya. Misalkan virus terdapat pada partisi “E”, maka ketik E: dan Enter

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Nanti akan muncul tulisan E:\> lalu ketik attrib -s -r -h /s /d dibelakangnya lalu tekan Enter

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Jika sudah melakukan cara tadi, maka file Anda akan otomatis kembali seperti semula. Silahkan cari file atau folder yang sekiranya memiliki ukuran dan nama yang aneh, dan hapus file tersebut.

Itulah cara yang bisa dilakukan apabila komputer atau laptop Anda terserang virus shortcut. Sebenarnya untuk virus ini bisa dihilangkan dengan antivirus yang saat ini banyak tersedia. Namun, apabila di komputer Anda belum terinstall antivirus, bisa mencoba dengan cara yang satu ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara Ampuh Menghapus Virus Shorcut di Komputer dan Flashdisk | ikbal fauzi | 4.5