Cara Mengembalikan File yang Terhapus/Terformat Permanen

Cara Mengembalikan File yang Terhapus/Terformat Permanen – Apakah Anda pernah secara tidak sengaja menghapus file penting pada komputer? Atau Anda memang sengaja menghapus file tersebut, tapi lalu menyesal telah menghapusnya? Jika iya, maka Anda harus membaca ulasan berikut. Kehilangan file yang penting memang membuat kita seringkali merasa jengkel dan kesal. Apalagi jika file tersebut menyangkut pekerjaan, pasti kita akan merasa pusing dibuatnya. Jika Anda pernah atau sedang mengalami hal tersebut, maka tidak perlu khawatir lagi, cukup simak ulasan berikut ini.

Mengembalikan File yang Terhapus

WinUtilities Undelete

WinUtilities Undelete merupakan tool recovery data yang sangat membantu Anda mencari data yang telah terhapus secara permanen sekaligus mengembalikan data tersebut ke tempat yang kita inginkan. WinUtilities ini juga bisa mengembalikan data dari storage eksternal (flashdisk) atau kartu memori kamera digital yang terformat. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Mengembalikan File yang Terhapus

  1. Download terlebih dahulu WinUtilities disini.
  2. Install seperti biasa, lalu jalankan.
  3. Pada bagian sebelah kiri, pilih pada drive mana kita akan mencari file yang hilang tersebut.
  4. Setelah memilih drive, nantinya software akan otomatis melakukan scanning pada drive tersebut. Tunggu sampai proses scanning selesai.
  5. Jika scanning telah selesai dan file sudah ditemukan, tinggal klik kanan dan pilih Undelete.

PC Inspector File Recovery

Cara kedua adalah dengan menggunakan software PC Inspector File Recovery. Software ini cukup ampuh mengembalikan file yang telah terhapus yang telah teruji oleh banyak orang. Selain itu, cara kerjanya pun cukup mudah.

Mengembalikan File yang Terhapus

  1. Bagi Anda yang belum memiliki software ini, bisa terlebih dahulu mendonwload disini, lalu install seperti biasa.
  2. Nantinya Anda akan disuguhkan 3 jenis pilihan, yaitu Recover Deleted Files, Find Lost Data dan Find Lost Drive. Pilih pilihan nomer pertama untuk mengembalikan file yang terhapus.
  3. Setelah itu, Anda bisa memilih pada drive mana file tersebut terhapus. Pilih drive yang diinginkan, lalu klik tanda ceklis berwarna hijau.
  4. Tunggu hingga proses scanning selesai dilakukan. Cepat atau lambatnya proses scan tergantung ukuran dan jumlah data atau file yang ada pada drive tersebut. Jika pada condition menunjukan status Good, maka file tersebut besar kemungkinan bisa dikembalikan seperti semula.
  5. Jika proses scan telah selesai, klik kanan pada file yang diinginkan lalu pilih save to untuk memilih lokasi penyimpanannya.
  6. Terakhir, tinggal tunggu proses hingga selesai.

 

Cara Mengembalikan File yang Terhapus/Terformat Permanen | ikbal fauzi | 4.5