Cara Mudah Mengatasi Komputer atau Laptop Lemot

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Lemot – Apakah akhir-akhir ini Anda merasakan komputer atau laptop terasa lambat atau lemot? Komputer atau laptop yang lemot memang membuat kesal, karena akan membuat kita kehilangan banyak waktu. Apalagi jika saat sedang mengerjakan tugas penting namun dihadapkan dengan komputer yang lemot, pasti Anda merasa emosi luar biasa. Ternyata, komputer yang lemot disebabkan oleh banyak hal. Untuk mengatasinya kita harus tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan komputer menjadi lemot, lalu tinggal kita atasi permasalahan tersebut. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai komputer yang lemot dan cara mengatasinya, alangkah baiknya simak dahulu ulasan berikut.

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Lemot

Baca Juga: Cara Menyembunyikan File di Android

Memori Terlalu Kecil

Memori yang dimaksud disini adalah RAM. Seperti kita tahu, RAM sangat penting untuk menjalankan berbagai aplikasi yang ada pada komputer. Semakin banyak aplikasi, maka beban kerja RAM semakin besar, sehingga dibutuhkan kapasitas yang lebih besar. Bisa jadi RAM yang Anda gunakan saat ini terlalu kecil untuk memproses sistem yang ada. Untuk dari itu, coba Anda upgrade RAM yang ada pada komputer dan rasakan perbedaannya.

Terlalu Banyak Program

Program memang sangat penting bagi kita, apalagi program yang sifatnya sangat penting dan berguna. Tapi terlalu banyak program juga tidak baik untuk komputer karena akan memakan banyak memori yang membuat computer menjadi lemot. Pilih program mana saja yang dirasa tidak terlalu penting dan segera hapus dari komputer Anda.

Terlalu Banyak Startup yang Berjalan

Hal ini berhubungan erat dengan poin sebelumnya. Karena banyak program maka otomatis banyak pula startup bawaan program yang berjalan sehingga kinerja komputer lebih berat. Untuk mengatasinya masuk ke Run > ketik msconfig, nanti akan muncul berbagai startup yang berjalan. Ceklis startup program yang dirasa tidak terlalu penting.

Temporary File Menumpuk

Temporary file ini terbentuk karena sisa-sisa program yang sudah dijalankan sebelumnya. Program yang berjalan nantinya akan meninggalkan file temporary yang jumlahnya sesuai dengan sering tidaknya program tersebut dijalankan. Supaya kinerja komputer menjadi gesit kembali, rajin-rajinlah mengecek dan menghapus file temporary yang sudah menumpuk. Untuk caranya bisa dengan menggunakan tools Disk Cleanup yang sudah disediakan oleh windows. Atau bisa juga dengan berbagai file pembersih lainnya yang sudah banyak tersedia di internet.

Kinerja Hardisk Menurun

Penurunan kinerja hardisk ini bisa karena beberapa hal. Bisa karena terlalu penuh, umurnya yang terlalu tua, putaran RPM yang menurun sehingga kecepatan membaca menurun, atau bisa juga karena bad sector. Jika masalahnya ada pada pada kapasitas yang terlalu penuh, silahkan uninstall atau delete program dan file yang tidak dibutuhkan. Jika umur harddisk yang tua dan putaran RPM yang menurun bisa dengan mengupgrade hardisk. Jika masalah disebabkan karena bad sector silahkan cek terlebih dahulu dengan program khusus untuk mengecek kondisi hardisk. Salah satunya adalah HDD Generator. Tapi jika sudah menggunakan HDD Generator masalah tetap tidak teratasi, pilihan lainnya adalah mengganti hardisk Anda.

Nah, itu dia cara mengatasi laptop atau komputer lemot. Coba cara tersebut jika saat ini laptop atau komputer Anda terasa lambat. Cara tersebut tentunya merupakan cara simpel yang mudah untuk diterapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Mudah Mengatasi Komputer atau Laptop Lemot | ikbal fauzi | 4.5