Cara Mengatasi Bootloop/Cara Mengatasi Android Bootloop

Cara Mengatasi Bootloop/Cara Mengatasi Android Bootloop – Untuk sebagian orang terutama yang menggunakan smartphone android, mungkin pernah mengalami bootloop pada smartphone. Lalu, kenapa smartphone android bisa bootloop? Bahasa mudahnya, bootloop adalah suatu keadaan dimana smartphone mengalami kegagalan sistem yang menyebabkan smartphone tersebut tidak bisa melakukan booting sehingga tentunya si pengguna tidak bisa mengoperasikan smartphone tadi.

Sebenarnya ada beberapa penyebab bootloop yang sering dijumpai saat ini, seperti saat Anda gagal mem-flashing smartphone, saat smartphone gagal melakukan upgrade sistem operasi, atau yang paling sering adalah saat Anda gagal melakukan root. Ya, rata-rata bootloop memang banyak ditemukan pada smartphone yang sedang “diulik”, dimana kurangnya pemahaman atau ketidak cocokan software punya dampak besar terhadap bootloop ini sendiri.

Cara Mengatasi Android Bootloop

Nah, kalau misalkan saat ini smartphone Anda sedang mengalami bootloop, maka Anda bisa kok mencoba cara mengatasi bootloop/cara mengatasi android bootloop seperti yang akan Teknoprise ulas berikut ini.

1. Matikan Smartphone Anda

Hal pertama kali yang yang bisa Anda lakukan kalau mendapati smartphone android mengalami bootloop adalah dengan mematikannya terlebih dahulu. Saat mematikan smartphone, jangan lupa juga Anda melepas berbagai komponen seperti baterai (bagi smartphone yang baterainya berjenis removable), kartu SIM dan kartu memori. Kemudian biarkan smartphone Anda dalam keadaan mati hingga kira-kira 10 sampai 20 menit dan setelah itu, barulah Anda kembali pasang baterai, kartu SIM, dan memori. Nyalakan lagi smartphone dan lihat apakah bootloop sudah teratasi atau belum. Memang, cara ini punya tingkat keberhasilan yang tidak terlalu  besar, tapi tenang saja Anda masih bisa mencoba cara selanjutnya.

Lihat Juga: Cara Mudah Mengatasi Game Android Yang Sering Keluar Sendiri

2. Bersihkan Dalvik-Cache

Cara selanjutnya untuk mengatasi android bootloop adalah dengan membersihkan bagian Dalvik-Cache pada smartphone. Untuk caranya, silahkan Anda ikuti langkah berikut.

  1. Silahkan Anda matikan dulu smartphone dan lepas berbagai elemen dari mulai baterai, kartu memori atau kartu SIM dan diamkan smartphone selama kira-kira 5 menit.
  2. Nyalakan smartphone dan silahkan Anda masuk ke mode CWM Recovery. Biasanya untuk bisa masuk ke dalam mode CWM Recovery ini, Anda bisa memencet kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan. Tapi kalau dengan memencet tombol tersebut masih tidak bisa juga, Anda bisa mencoba memencet kombinasi tombol lain seperti Tombol Power + Home + Volume Up, Tombol Volume Up secara berulang atau Tombol Power + Volume Up. Silahkan coba kombinasi tombol-tombol tersebut sesuai dengan tipe smartphone Anda.
  3. Apabila sudah masuk ke mode CWM Recovery, silahkan pilih menu Advanced > Wipe Dalvik-Cache.
  4. Kemudian pilih Mounts & Storage > Wipe / Cache.
  5. Terakhir reboot smartphone Anda.

3. Melakukan Factory Reset

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mengatasi android yang bootloop adalah dengan mengembalikannya ke setelan awal pabrik atau factory reset. Tapi resiko yang ditimbulkan kalau melakukan cara ini adalah data-data yang ada di smartphone akan terhapus semua. Maka dari itu Anda harus terlebih dahulu membackup data supaya aman tidak terhapus. Nah, untuk cara membackup data pada smartphone android yang bootloop adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke mode CMW Recovery. Untuk caranya silahkan Anda lihat poin sebelumnya diatas.
  2. Pilih menu Backup & Restore > Backup dan simpan di microSD Anda.

Nah, kalau data sudah berhasil di backup, maka tinggal melakukan Factory Reset. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Masuklah ke mode CWM Recovery.
  2. Pilih menu Wipe Data / Factory Reset.
  3. Pilih ‘Yes-Delete All User data’ kalau seandainya muncul pertanyaan konfirmasi.
  4. Sekarang mode Factory Reset sedang berjalan, silahkan Anda tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Dan kalau sudah selesai maka nanti smartphone Anda akan melakukan restart secara otomatis.

Demikianlah cara-cara yang bisa dilakukan seandainya smartphone Anda mengalami bootloop. Bisa dikatakan cara paling ampuh untuk mengatasi android bootloop adalah dengan melakukan factory reset. Tapi, dengan cara tersebut tentunya membuat semua data-data yang ada pada perangkat android Anda akan hilang. Silahkan Anda coba cara diatas sesuai dengan keinginan, dan semoga berhasil.

Cara Mengatasi Bootloop/Cara Mengatasi Android Bootloop | ikbal fauzi | 4.5