Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010 – Dalam sebuah karya tulis baik itu skripsi, jurnal, ataupun novel sangat penting untuk memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan sistematika penulisan, salah satu yang wajib diperhatikan adalah daftar isi. Ya, daftar isi memang memegang peranan yang penting kalau Anda saat ini sedang bergelut dengan skripsi ataupun sedang membuat sebuah karya tulis novel. Karena, lewat daftar isi tersebut pembaca akan lebih dimudahkan untuk bisa mengetahui letak bagian-bagian judul tulisan.

Tapi, nyatanya tidak semua orang paham untuk membuat daftar isi. Kebanyakan dari mereka seringkali membuat daftar isi dengan cara yang manual tanpa menggunakan tools-tools yang sudah tersedia di Microsoft Word karena kurangnya pengetahuan tentang membuat daftar isi. Padahal, dengan membuat daftar isi pada Microsoft Word 2010 menggunakan tools yang sudah tersedia, maka tentunya waktu yang ditempuh untuk bisa membuat daftar isi yang rapih dan bagus bakal lebih singkat dan mudah.

Cara Pertama

Nah, untuk Anda yang mungkin saat ini sedang kebingungan perihal membuat daftar isi di Microsoft Word 2010, pada kesempatan kali ini Teknoprise akan membahas mengenai cara mudah membuat daftar isi di Microsoft Word yang cepat. Ini dia caranya.

  • Sebelum membuat daftar isi, kita asumsikan Anda sudah membuat bagian-bagian lengkap mengenai isi dari skripsi ataupun novel seperti nomor halaman, Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab, Sub Bab dan lain sebagainya.
  • Jika semua unsur tersebut seperti kata pengantar, daftar isi, bab, sub bab, dan lainnya sudah selesai dibuat maka Anda klik menu References > Table of Contens.
  • Nanti akan tersedia 3 buah pilihan, silahkan Anda pilih pilihan pertama atau kedua. Kalau Anda mau membuat daftar isi secara otomatis, pilihlah pilihan nomor 1 atau 2 dan jangan pilih pilihan nomor 3, kecuali Anda mau membuat daftar isi secara manual.

Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010

  • Kalau sudah Anda pilih, maka daftar isi akan langsung muncul sesuai dengan bagian-bagian tulisan yang sudah Anda buat sebelumnya seperti kata pengantar, bab, sub bab dan lainnya berikut dengan nomor halamannya.
  • Kalau ternyata susunan daftar isi yang tampil kurang sesuai dengan keinginan, Anda bisa memilih References > Table of Content > Insert Table of Content untuk merubah beberapa hal yang ada pada daftar isi seperti merubah tingkatan judul sehingga Anda bisa menambahkan atau menguranginya, atau juga Anda bisa merubah tampilan tab leader (titik-titik yang biasanya ada pada daftar isi).

Lihat Juga: Cara Mudah Membuat Kop Surat di Microsoft Word 2013

Cara Kedua

Kalau Anda masih kesulitan atau belum berhasil untuk membuat daftar isi sesuai dengan cara pertama, maka Anda bisa mencoba membuat daftar isi seperti cara kedua ini. Silahkan ikuti langkahnya.

  • Kita asumsikan Anda sudah membuat judul atau nama-nama yang ada pada daftar isi seperti kata pengantar, pendahuluan, bab, maupun yang lainnya.
  • Pada ruler yang ada di bagian atas, silahkan Anda klik angka yang menjadi akhir titik-titik pada daftar isi. Kita ambil contoh titik-titik yang ada pada daftar isi berakhir pada angka 6, maka klik dua kali angka 6 pada ruler. Pada Alignment pilih Left dan pada Leader pilih nomor 2.

Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010

  • Kemudian selanjutnya klik dua kali angka pada ruler yang menjadi posisi letak nomor halaman pada daftar isi, yang penting posisinya setelah angka 6 tadi. Klik dua kali titik atau nomor pada ruler yang diinginkan, kemudian akan muncul kotak dialog. Pada Tab Position klik angka yang ada di bawah nomor 6. Pada Alignment pilih Right dan pada Leader pilih None.

Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010

  • Nah, untuk memunculkan titik-titik yang ada pada daftar isi, Anda letakkan kursor pada akhir tulisan lalu tekan tombol Tab yang ada pada keyboard dan titik-titik pun secara otomatis akan muncul. Sekarang tinggal Anda beri nomor halaman di ujung titik-titik tersebut. Dan silahkan lakukan kembali hal tersebut untuk memberi titik-titik dan nomor halaman pada judul lainnya yang ada di daftar isi.

Nah, demikian lah cara mudah untuk membuat daftar isi di Microsoft Word baik itu Microsoft Word 2016, Microsoft Word 2013, Microsoft Word 2010, atau juga Microsoft Word 2010. Dengan cara membuat daftar isi ini, maka semoga bakal memudahkan Anda yang mungkin saat ini sedang kesulitan untuk membuat daftar isi yang mudah dan praktis. Semoga info kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010 | ikbal fauzi | 4.5