Cara Melacak HP Android Yang Hilang Tanpa Aplikasi dan Lewat Aplikasi

Cara Melacak HP Android Yang Hilang Tanpa Aplikasi dan Lewat Aplikasi – Setelah lama tidak berjumpa, kali ini Teknoprise akan mengupas sebuah trik yang bias dibilang sangat penting untuk kalian khususnya pengguna smartphone Android. Ya, tips atau tutorial kali ini yang bakal Teknoprise bagikan adalah tentang cara melacak HP android yang hilang yang pastinya wajib Anda ketahui supaya dapat berjaga-jaga apabila suatu saat nanti kejadian yang tidak menyenangkan ini menimpa Anda.

Seperti yang Anda ketahui, dewasa ini ponsel android memang sudah mendapat tempat tersendiri di dalam kehidupan setiap orang. Maka tak heran, semua kegiatan bahkan yang penting sekalipun kerap kali langsung dilakukan lewat smartphone android, baik itu untuk kegiatan transaksi sehari-hari sampai dengan pekerjaan. Dengan adanya berbagai data-data penting di dalam android tersebut, maka tentunya sangat menimbulkan perasaan khawatir kalau smartphone android hilang, karena bisa jadi data-data penting tersebut raib atau dicuri oleh orang-orang berotak kriminal.

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Ulasan Lainnya: Cara Praktis Melacak Posisi dan Lokasi No HP Seseorang

 Untuk menyikapi hal tersebut, sebenarnya Google sebagai pemilik platform android sudah menyiasatinya dengan menyelipkan sebuah fitur untuk melacak HP android yang hilang yakni menggunakan alat bantu GPS yang terhubung melalui gmail dan nantinya memanfaatkan jaringan lewat internet. Tapi tentu saja, untuk dapat menggunakan fitur ini ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara melacak HP android yang hilang lewat internet serta tanpa aplikasi, silahkan Anda simak caranya di bawah ini.

1. Cara Melacak HP Android yang Hilang Lewat Android Device Manager

  1. Pertama, silahkan Anda cari “Google Setting” pada menu lalu tap untuk membuka.
  2. Selanjutnya silahkan Anda pilih “Security” biasanya menu ini ada pada sub-menu Services, tapi bisa jadi berbeda untuk masing-masing merk HP.
  3. Di dalam menu Security tersebut ada sebuah fitur yang bernama “Android Device Manager”. Silahkan Anda aktifkan dengan memberi tanda ceklis atau merubah posisinya menjadi On pada masing-masing pilihan yakni “Remotely Locate This Device” dan “Allow Remote Lock and Erase”. Jangan lupa juga pilih “Activate”.
  4. Setelah itu, silahkan Anda pergi ke “Setting” lalu pilih “Device Administrators” dan beri tanda ceklis pada Android Device Manager. Silahkan Anda pilih “Activate“supaya fitur ini bisa berfungsi.

 Kalau cara-cara diatas sudah Anda terapkan, berarti pengaturannya sudah selesai dan Anda pun bisa melacak HP android Anda yang hilang dengan akurat. Lalu, bagaimana cara melacaknya? Silahkan lanjut membaca cara di bawah ini.

  1. Pertama, Anda harus memiliki akun gmail dan tentunya harus log in terlebih dahulu lewat komputer. Untuk akun gmail ini harus sama dengan yang digunakan ketika pertama kali melakukan registrasi HP android.
  2. Kalau sudah log in, silahkan Anda masuk ke halaman google.com/android/device/manager dan masukkan password gmail Anda kalau memang diminta. Selanjutnya pilih “Next”.
  3. Jika sudah masuk, Anda akan melihat jenis perangkat HP android Anda yang hilang berikut dengan persentase baterai yang tersisa serta posisi HP android pada saat itu.

Di dalam menu tersebut disediakan tiga buah pilihan, yakni Putar Suara, Kunci, dan Hapus Data. Untuk fitur Putar Suara nantinya HP android Anda akan secara otomatis mengeluarkan nada dering meskipun HP dalam keadaan ter-silent. Suara tersebut akan berbunyi hingga 5 menit lamanya. Untuk fitur Kunci, maka secara otomatis HP android Sobat akan langsung terkunci dan hanya bisa dibuka dengan memasukkan password. Maka dari itu, silahkan Anda buat password yang rumit dan hanya Anda yang mengetahuinya supaya saat HP Anda hilang tidak ada orang yang bisa mengakses data di dalamnya.

Sedangkan untuk pilihan ketiga yaitu Hapus Data, memungkinkan Anda menghapus semua data-data yang ada di HP android Anda yang hilang tersebut secara jarak jauh, dari mulai foto, musik, aplikasi, kontak, dan lainnya,  jadi lebih kurang mirip seperti mem-format ulang HP android. Untuk fitur ini juga bisa Anda gunakan kalau Anda tidak ingin data-data pribadi yang ada di HP dibuka oleh orang lain.

Nah, yang harus diperhatikan disini adalah kalau Anda menginginkan fitur tersebut, Anda harus memastikan HP android Anda dalam keadaan menyala, terhubung dengan internet, dan GPS nya dalam keadaan aktif. Jangan lupa juga Anda mengaktifkan fitur Android Device Manager jauh-jauh hari untuk berjaga-jaga apabila nantinya HP android Anda hilang. Kalau kesemua hal tersebut tidak dilakukan, maka tentunya Anda tidak akan bisa melacak HP android yang hilang.

2. Cara Melacak HP Android yang Hilang Lewat Aplikasi Cerberus Anti Theft

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Cara kedua  yang bisa Anda tempuh untuk melacak HP android yang hilang adalah tidak lain dengan menggunakan alat bantu pihak ketiga yang berupa sebuah aplikasi bernama Cerberus Anti Theft. Bisa dibilang, aplikasi buatan LS Droid ini setingkat lebih baik bila dibandingkan dengan fitur bawaan android sendiri yakni Android Device Manager. Kenapa? Karena lewat aplikasi ini Anda masih tetap bisa terhubung dengan HP meskipun perangkat Anda yang hilang tersebut dalam keadaan tidak terhubung ke internet.

Ya, hal ini bisa dilakukan mengingat Ceberus Anti Theft bisa berfungsi dengan memanfaatkan pesan SMS yang dikirimkan ke HP Anda. Sangat menarik bukan? Selain itu, tidak masalah apabila GPS pada HP Anda yang hilang dalam keadaan off atau mati, lantaran GPS tersebut akan bisa secara otomatis menyala saat Anda mencoba mengakses perangkat HP android. Untuk cara melacak HP android yang hilang menggunakan Ceberus ini sedikit berbeda bila dibandingkan dengan menggunakan Android Device Manager. Pertama, Anda bisa terlebih dahulu mendownload dan install aplikasi Ceberus Anti Theft dari Play Store.

Selanjutnya, Anda diharuskan membuat akun dan Log In terlebih dahulu di website Ceberus yakni https://www.cerberusapp.com/  dimana pada halaman tersebut Anda bisa menggunakan berbagai fitur handal seperti melacak posisi HP yang hilang, membunyikan alarm, mengunci dan menghapus data, membackup data, sampai dengan fitur yang menarik yakni merekam suara serta mengambil gambar keadaan atau orang yang saat itu memegang HP Anda.

Untuk bisa menikmati fitur-fitur luar biasa tersebut Anda akan mendapatkan trial terlebih dahulu selama seminggu. Dan kalau Anda ingin terus menggunakan aplikasi tersebut, maka Anda bisa membayar biaya berlangganan. Tapi tentu saja, meskipun harus membayar sejumlah biaya berlangganan, aplikasi ini terbilang worth it sebagai alat pengamanan dan untuk melacak HP Anda yang hilang, terlebih kalau di dalam perangkat Anda tersebut terdapat berbagai data-data penting.

Itulah tadi cara melacak HP android yang hilang tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi versi Teknoprise. Ya, bisa dibilang masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Seperti misalnya menggunakan fitur bawaan Android yakni Android Device Manager dimana Anda bisa menggunakannya secara gratis namun fitur yang didapatkan cukup biasa. Ada juga sebuah aplikasi untuk melacak HP yang hilang bernama Ceberus dimana Anda diharuskan membeli aplikasi tersebut namun tentu saja fitur yang bakal Anda dapatkan sangat powerfull dan lengkap. Sekali lagi, itu semua kembali ke kebutuhan Anda masing-masing.

Cara Melacak HP Android Yang Hilang Tanpa Aplikasi dan Lewat Aplikasi | ikbal fauzi | 4.5