Cara Jitu Menghapus (Uninstall) Aplikasi Bawaan Android

Cara Jitu Menghapus (Uninstall) Aplikasi Bawaan Android – Apa kabar sobat? Kali ini kami akan memberikan informasi kepada sobat-sobat sekalian mengenai cara mudah menghapus atau memusnahkan aplikasi bawaan yang terdapat pada perangkat Android kesayangan. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja berikut ini tips menghapus aplikasi bawaanbloatware untuk sobat.

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Untuk Perangkat Android Yang Belum di-Root

Bagi sobat yang ingin menghapus / menghilangkan aplikasi bawaan Android yang dirasa tidak dibutuhkan dan malah menambah ruang memory, maka sobat bisa melenyapkan aplikasi tersebut. Namun jika perangkat Android sobat belum pernah di-root, maka menghapus aplikasi bawaan tersebut tidak bisa.

Untuk alternatifnya, sobat bisa menyembunyikan atau hanya sekedar menonaktifkan saja. Metode ini cukup ampuh untuk menyembunyikan aplikasi bawaan yang tak diperlukan dan caranya pun sangat mudah. Bagaimana caranya?

Menghapus (Uninstall) Aplikasi Bawaan Android

Silakan Cek: 

Inilah 4 Aplikasi Unik Android Yang Perlu Anda Coba

Caranya, bagi sobat yang menggunakan perangkat Android di bawah versi KitKat, maka untuk menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut sobat bisa masuk ke App Drawer di bagian Menu. Setelah itu, langsung pilih saja Hide Application dan seleksi aplikasi bawaan apa saja yang ingin dinonaktifkan. Klik Done, selesai!

Nah! Sedangkan bagi sobat yang sudah menggunakan perangkat Android versi KikKat ke atas, maka untuk menonaktifkan aplikasi bawaan bisa mengikuti langkah berikut: Silakan masuk ke menu Setting, lalu pilih Device. Setelah itu pilih juga opsi Apps. Di tampilan Apps, pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan dengan cara menekan pilihan Force Stop lalu Disable. Jika ada notifikasi peringatan, lanjutkan saja dengan mengklik tombol Yes. Selesai!

Itu tadi merupakan cara menghilangkan aplikasi bawaan Android yang belum di-root. Jika perangkat Android sobat sudah pernah di-root, maka untuk uninstall aplikasi bawaan Android, sobat bisa mengikuti langkah selanjutnya.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android (Bloatware) Untuk Perangkat Android Yang Pernah di-Root

Cara ini bisa sobat lakukan apabila perangkat sebelumnya sudah pernah di-root. Jika sudah demikian, maka proses penghapusan aplikasi bawaan Android akan lebih mudah dan aplikasi akan benar-benar terhapus. Bagaimana caranya? Berikut tipsnya:

Untuk menghapus aplikasi bawaan (bloatware) pada perangkat Android yang sudah di-root, sobat hanya memerlukan aplikasi penghapus (remover) yang sudah banyak tersedia di Google Play / Play Store dan bisa didapatkan secara free. Berikut pilihan aplikasi remover yang bisa sobat coba:

  • System App Remover (Root)

Apabila sobat ingin sesegera mungkin melenyapkan aplikasi bawaan Android yang tidak penting, maka sobat bisa memanfaatkan aplikasi penghapus yang satu ini. Aplikasi bernama System App Remover ini bisa menghapus aplikasi bawaan dengan cepat dan praktis. Aplikasi ini pun bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan / bloatware hanya dengan satu kali klik. Segera dapatkan aplikasi remover yang memiliki ukuran 1.84 MB ini di Play Store. Gratiss!

  • Easy Uninstaller App Uninstall

Aplikasi lainnya yang bisa menghapus (uninstall) aplikasi bawaan Android atau aplikasi lainnya dengan mudah dan cepat adalah Easy Uninstaller. Hanya dengan beberapa langkah saja, maka aplikasi-aplikasi yang ingin diuninstall pada perangkat Android akan langsung dimusnahkan oleh aplikasi ini. Pilih aplikasi yang ingin sobat hapus, lalu klik tombol Uninstall, itulah cara mudah menghapus aplikasi menggunakan Easy Uninstaller. Sobat bisa mencoba aplikasi ini dan mendapatkannya dari Play Store dengan gratis. Aplikasi ini hanya berukuran 3.95 MB saja.

Demikianlah tips dari kami tentang cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghapus / menguninstall aplikasi bawaan (bloatware) yang dirasa kurang penting dan bisa memakan ruang memori perangkat Android sobat. Sekian, semoga membantu!

Cara Jitu Menghapus (Uninstall) Aplikasi Bawaan Android | Adam | 4.5