Cara Jitu Mengatasi Hp atau Smartphone Yang Terkena Air

Cara Jitu Mengatasi Hp atau Smartphone Yang Terkena Air – Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai ulasan seputar bagaimana cara bertindak dan mengatasi smartphone yang kedapatan terpapar oleh air sehingga menyebabkan smartphone basah kuyup serta terjadi error hingga mati. Nah! Bagi sobat-sobat yang kebetulan saat ini mengalami hal serupa, yakni smartphonenya terkena air. Maka sobat bisa mengikuti langkah-langkah praktis untuk mengatasi smartphone yang terkena air berikut ini:

1. Nonaktifkan Segera HP / Smartphone Yang Terkena Air

Apabila sobat saat ini baru saja mendapati smartphone yang dimiliki terkena air, baik itu karena tenggelam atau hanya karena tumpahan air yang menyebabkan perangkat smartphone menjadi basah kuyup hingga ke jeroan mesinnya. Maka segeralah saat itu juga nonaktifkan perangkat tersebut (apabila perangkat masih aktif).

Hal ini dilakukan untuk menghindari perangkat smartphone korstlet, karena daya yang hidup (aliran listrik) akan bereaksi sangat cepat dengan air sehingga bisa menimbulkan kortsleting. Yang terpenting saat sobat-sobat sekalian mendapati perangkat smartphonenya terpapar air, sobat jangan sampai panik. Stay calm!

Simak Juga : 

Cara Menghilangkan Iklan Pada Aplikasi Android Tanpa Root

Mengatasi Smartphone Terkena Air

2. Mencopot Baterai Dari Smartphone

Setelah dipastikan smartphone yang terkena air tadi sudah benar-benar nonaktif, maka sobat langsung melakukan langkah selanjutnya yakni mencopot baterai dari tempatnya. Jangan sampai sobat-sobat sekalian lupa mencopot baterai dari perangkat, ini sangat membantu untuk menjaga kondisi baterai agar tetap aman dan tidak mengalami kerusakan berlanjut yang disebabkan masuknya air ke bagian dalam baterai.

Apabila baterai telah dicopot dan tampak terpapar oleh air, maka segeralah lakukan pengeringan terhadap baterai tersebut. Pertam lap dulu baterai menggunakan lap atau handuk. Setelah itu, sebaiknya baterai dijemur di bawah sinar matahari selama setengah hingga satu jam sampai terlihat baterai kembali kering. Atau bisa juga dengan cara menyimpan baterai di tumpukan beras, karena beras memiliki kemampuan untuk menyerap air. (silakan gunakan waktu secukupnya untuk mengeringkan baterai)

Setelah itu jika baterai sudah tampak kering, charging baterai tersebut menggunakan desktop. Isi daya hingga penuh.

3. Mencopot Komponen Yang Masih Terpasang di Smartphone

Sambil menunggu baterai kering, silakan sobat copot juga berbagai komponen yang masih ada di dalam perangkat. Copot komponen seperti memori Micro SD dan SIM Card, lalu keringkan dengan lap.

Apabila bisa dilakukan, maka sobat bisa pula membongkar keseluruhan perangkat smartphone seperti cover, rangka, frame, mesin hingga LCD-nya. Tapi hal ini dilakukan jika benar-benar sobat-sobat yakin bisa melakukannya. Cara ini harus dilakukanlan dengan sangat hati-hati!

4. Proses Pengeringan Smartphone

Untuk proses pengeringan keseluruhan smartphone, sobat bisa memanfaatkan alat penyedot debu atau bisa juga menggunakan blower untuk menghilangkan air dari komponen yang terpapar. Silakan lakukan dengan perlahan dan ulangi jika perlu langkah tersebut hingga air benar-benar sudah kering.

Jika langkah tadi tidak memungkinkan, untuk proses pengeringan smartphone sobat bisa memilih cara menyimpan perangkat smartphone ke dalam beras, seperti langkah pengeringan baterai tadi. Simpan perangkat smartphone di dalam beras hingga seharian sampai air benar-benar terserap oleh beras dan perangkat menjadi kering. Setelah itu jemur smartphone beberapa saat, 15 menitan.

Nah! Kalu keseluruhan komponen sudah kering, seperti baterai, SIM Card, memori micro SD, cover dan sebagainya. Maka pasangkan kembali komponen-komponen tersebut. Awas jangan sampai ada yang terlewat!

5. Mengaktifkan Kembali Smartphone

Setelah langkah-langkah tadi sudah dilakukan, maka sekarang saatnya mengaktifkan kembali smartphone yang tadi terkena air. Aktifkan smartphone dalam keadaan sedang dicharging. Jika belum hidup, tunggu bebrapa saat dalam keadaan masih dicharging. Lalu aktifkan kembali smartphone sampai aktif kembali.

Semoga sekarang smartphone sobat sudah bisa aktif dan kembali berfungsi. Jika masih belum, ada baiknya sobat segera membawa smartphone tersebut ke tempat servis untuk tindakan yang lebih lanjut.

Nah! Itu saja sobat-sobat sekalian yang bisa kami hadirkan untuk kesempatan kali ini, semoga artikel tentang Cara Mengatasi Smartphone Yang Terkena Air ini bisa berguna bagi sobat-sobat sekalian yang baik hati. Terima kasih, salam TeknoPrise!

Cara Jitu Mengatasi Hp atau Smartphone Yang Terkena Air | Adam | 4.5