Cara Mudah Backup Aplikasi di Smartphone Android

Cara Backup Aplikasi Android – Kali ini Tekno Prise akan membahas mengenai cara backup aplikasi Android. Seperti yang kita tahu, pada ponsel Android kita terkandung berbagai aplikasi yang tentunya sangat berguna maupun menarik. Baik itu aplikasi untuk mempermudah pekerjaan sampai aplikasi untuk bersenang-senang misalnya game. Berbagai aplikasi tersebut didapat secara berbayar maupun cuma-cuma.

Namun, bagaimana jadinya bila ponsel Anda sewaktu-waktu rusak sehingga mengakibatkan berbagai aplikasi tersebut hilang? Tentunya Anda harus mulai mencari lagi dan mendownload semua aplikasi dari awal. Bila aplikasi tersebut bersifat gratis, maka tentunya tidak akan kesulitan mendownloadnya lagi. Tapi bagaimana jika aplikasi yang hilang tersebut bersifat berbayar? Pasti Anda akan repot karena harus mengeluarkan kocek lagi untuk membelinya.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android

Belum lagi untuk mendownload semua yang memakan banyak waktu dan kuota. Disinilah pentingnya membackup aplikasi Anda untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan tadi. Nah, berikut ini adalah cara membackup aplikasi Android dengan menggunakan aplikasi khusus yang pastinya sangat mudah diterapkan.

APK Extractor

Cara backup aplikasi android

  1. Download terlebih dahulu aplikasinya disini.
  2. Pilih aplikasi yang ingin Anda backup.
  3. Jika ingin membackup aplikasi lebih dari satu, silahkan tap aplikasi agak lama.
  4. Setelah memilih semua, tekan Extract, dan tunggu sampai selesai proses yang berjalan.
  5. Apabila proses sudah selesai, buka folder yang bernama Extracted Apks karena semua aplikasi yang telah dipilih dan melalui tahap extract akan otomatis tersimpan di folder tersebut.
  6. Silahkan pindahkan ke media lain, untuk berjaga-jaga apabila nantinya aplikasi tersebut hilang atau rusak.

ASTRO File Manager

Cara backup aplikasi android

  1. Download dulu aplikasinya disini.
  2. Buka aplikasinya. Pada sebelah pojok kiri atas terdapat panah yang menunjuk kea rah kiri. Tap panah tersebut.
  3. Nanti akan terdapat beberapa pilihan. Cari icon bergambar kunci pas dan palu yang ada di bagian bawah, lalu tap.
  4. Pilih App Mgr.
  5. Anda akan disuguhkan berbagai aplikasi yang sudah terinstal pada ponsel. Silahkan pilih aplikasi mana saja yang ingin Anda backup.
  6. Jika pemilihan aplikasi sudah selesai, tekan Backup dan tunggu sampai proses selesai. Prosesnya tidak lama, hanya beberapa detik saja.
  7. Jika proses sudah selesai akan terlihat tanda ceklis berwarna hijau.
  8. Untuk aplikasi yang sudah di backup bisa dilihat pada folder Backups yang ada pada memori internal ponsel Anda.

Itu dia cara backup aplikasi di ponsel Android. Cara tersebut tentunya sangat bermanfaat apabila Anda mengalami hal-hal yang telah disinggung sebelumnya. Cara kerja aplikasi ini adalah merubah atau mengekstrak aplikasi yang ada menjadi file .apk. Dengan perubahan ini, Anda tentunya tidak perlu mendownload ulang apabila aplikasi yang ada pada ponsel hilang atau rusak. Cukup install kembali file APK tadi, maka aplikasi pun kembali bisa dinikmati.

Cara Mudah Backup Aplikasi di Smartphone Android | ikbal fauzi | 4.5