Arti dan Kegunaan (Fungsi) ROOT Pada Smartphone Android

Arti dan Kegunaan (Fungsi) ROOT Pada Smartphone Android – Apa sih ROOT itu? Baiklah, pada kesempatan kali ini Teknoprise akan membahas sebuah hal yang masih berkaitan erat dengan dunia platform android, yakni ROOT. Mungkin diantara Anda sekalian pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya ROOT, dan mungkin saat ini smartphone kesayangan Anda juga sudah di-ROOT. Tapi, tentu tidak ada salahnya kita membahas lebih lanjut mengenai arti dan kegunaan (fungsi) ROOT pada smartphone android.

Arti dan Fungsi Root

Dikalangan pengguna smartphone, istilah ini bukanlah sebuah istilah yang tabu, mengingat sudah beberapa tahun terakhir ini smartphone dengan sistem operasi android menguasai pasar smartphone dunia, maka tentulah istilah ROOT sudah lebih familiar dikalangan pengguna smartphone terutama android. Tapi ternyata sebagian besar hanya sebatas familiar dengan istilah ROOT ini sendiri, tanpa mengetahui lebih rinci terhadap arti dan fungsi ROOT untuk smartphone android.

Pengertian/Arti ROOT

Seperti namanya, root dalam bahasa inggris adalah akar dari sebuah tanaman. Dan sebagaimana yang Anda tahu, akar pada sebuah tanaman tersebut biasanya menancap atau mengakar kuat sampai ke bagian tanah terdalam dan menyebar ke segala arah. Dengan dalamnya akar yang masuk atau menancap ke dalam tanah tersebut, maka diambilah sebuah filosofi bahwa akan semakin kuat pula kendali si pohon tersebut karena bagian-bagian tanah bisa dijangkau oleh pohon.

Sama seperti pohon tadi, dengan adanya ROOT pada smartphone android, maka memungkinkan penggunanya punya kendali penuh dalam mengakses sistem smartphone sampai ke bagian terdalam yang tidak bisa diakses bila hanya lewat pengaturan biasa. Dan apabila smartphone android sudah di-ROOT, maka si penggunanya bisa mengotak-atik settingan smartphone, menjalankan aplikasi khusus, dan hal-hal lainnya yang tidak bisa dilakukan apabila hanya dengan lewat menu pengaturan biasa.

Lihat Juga: Daftar Aplikasi Root Android Terbaik

Kegunaan (Fungsi) ROOT

Sekarang Anda sudah mendapat gambaran bukan tentang pengertian ROOT? Sekarang masuk ke pertanyaan selanjutnya mengenai kegunaan atau fungsi ROOT pada smartphone android. Karena tujuan ROOT adalah supaya si pemilik smartphone android punya akses penuh ke dalam sistem android, maka fungsi ROOT ini sudah pasti supaya si pemilik bisa lebih leluasa dalam memodif hal-hal yang berhubungan dengan perangkat lunak smartphone miliknya.

Lewat ROOT Anda bisa leluasa memodif tampilan antarmuka pada smartphone sehingga lebih sesuai dengan keinginan. Kemudian Anda juga menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yang ada pada smartphone dimana aplikasi tersebut biasanya bersifat permanen dan tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan data-data yang ada pada memori internal ke memori eksternal, dimana hal ini merupakan fungsi ROOT yang cukup penting dan menjadi tujuan utama oleh sebagian besar orang-orang yang melakukan ROOT pada smartphone mereka.

Arti dan Fungsi Root

Karena kalau tidak begitu, maka memori internal lambat laun akan habis dan aplikasi-aplikasi tidak akan bisa terinstal lagi. Meskipun saat ini sudah banyak smartphone yang punya fitur memindahkan data atau aplikasi ke memori eksternal, tapi tidak sedikit juga smartphone yang masih belum menyediakan fitur tersebut sehingga ROOT menjadi jalan keluar untuk hal tersebut.

Lalu kemudian pertanyaan selanjutnya adalah kenapa pabrikan smartphone tidak langsung me-ROOT sekalian produk mereka? Hal ini dilakukan untuk melindungi sistem yang ada di dalamnya, sehingga kalau smartphone langsung dalam keadaan sudah ter-ROOT ketika dibeli konsumen, maka dikhawatirkan pengguna pemula yang tidak terlalu mengerti akan ROOT ini tidak sengaja mengutak-atik sistem sehingga mengakibatkan smartphonenya eror.

Kelebihan dan Kekurangan ROOT

Tadi Anda sudah mengetahui tentang arti dan kegunaan ROOT pada smartphone, lalu sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan ROOT pada smartphone? Untuk kelebihan,  tentu saja Anda menjadi punya akses dan punya kendali penuh ke perangkat lunak smartphone, sehingga bisa memodifikasi smartphone sesuai keinginan dan menghapus aplikasi-aplikasi permanen yang tidak penting dan hanya membuat sesak memori.

Lalu kekurangan ROOT pada smartphone adalah bisa menyebabkan garansi smartphone hilang kalau sewaktu saat Anda membawa ke tempat service atau mau menjualnya, kecuali smartphone Anda di ROOT saat sudah habis garansinya. Selain itu, kesalahan dalam me-ROOT akan menyebabkan sistem operasi rusak dan Anda bisa kehilangan semua data yang ada di smartphone.

Itulah tadi mengenai arti dan kegunaan (fungsi) ROOT pada smartphone android, semoga penjelasan singkat yang kami bahas kali ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam memahami seluk beluk sistem operasi yang sudah menjamur di berbagai belahan dunia ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa.

Arti dan Kegunaan (Fungsi) ROOT Pada Smartphone Android | ikbal fauzi | 4.5